Kamis, 27 November 2014

makalah manajemen Transportasi



BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Dalam perkembangan pariwisata dewasa ini tidak terlepas hubungannya dengan sektor transortasi, karena peran transportasi sangat membantu dari sarana perhubungan. Untuk memudahkan para wisatawan yang akan datang ke suatu objek wisata tentunya para wisatawan menggunakan tranportasi baik darat, laut, dan udara. Dengan demikian tidak bisa dipungkiri baik penikmat pariwisata maupun pelaku pariwisata sangat membutuhkan transportasi.
Akan tetapi didalam suatu usaha tidak terlepas dari suatu masalah,  tidak menutup kemungkinan masalah dalam transportasi yang berhubungan dengan dunia pariwisata. Oleh karena itu sebagai pelaku pariwiata yang menggunakan jasa transportasi juga harus memperhatikan keselamatan dan kenyamanan para wisatawan sebagai pengguna jasa transportasi. Para pelaku pariwisata harus meminimalisir angka kecelakaan yang terjadi dalam dunia pariwisata dan juga kemacetan yang ada sehingga masalah yang sering terjadi di dunia pariwisata bisa berkurang dan bahkan bisa teratasi dengan baik.
Untuk menanggulangi masalah-masalah transportasi dalam pariwisata maka dibutuhkan penanggulangan yang baik dan benar. Salah satu cara penanggulangannya adalah dengan perbaikan sistem sarana transportasi dalam pariwisata. Perbaikan sistem sarana transportasi ini mencakup pengadaan transportasi pariwisata serta perbaikan infrastruktur transportasi.

B.       RUMUSAN MASALAH
v  Pariwisata Dan Transportasi
v  Masalah Transportasi Dalam Pariwisata





BAB II
PEMBAHASAN

A.      PARIWISATA DAN TRANSPORTASI
Pariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan yang saat ini sedang digalakan oleh pemerintah, hal ini disebabkan karena pariwisata mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan Indonesia khususnya sebagai penghasil devisa negara.
Pada masa sekarang, pariwisata  bukan merupakan kebutuhan yang mewah melainkan merupakan kebutuhan sekunder yang dibutuhkan untuk memenuhi keinginan seseorang untuk refreshing diri. Pariwisata akan terasa manfaatnya apabila di imbangi oleh transportasi. Transportasilah yang dapat menggerakkan banyak orang, dari suatu negara ke negara lain, dari suatu daerah ke daerah lain dan dari suatu kota ke kota lain dan dari kota ke daerah pedalaman dan sebaliknya.
Aktivitas  kepariwisataan  banyak  tergantung  pada  transportasi. Bila kita sedikit menganalisa secara umum hubungan antara pariwisata dan transportasi, maka kita dapat mengatakan bahwa pariwisata tidak dapat berkembang tanpa tersedianya sarana transportasi.

B.       MASALAH-MASALAH TRANSPORTASI DALAM PARIWISATA
Meski perkembangan pariwisata dapat dikatakan cukup pesat, tetapi ada masalah yang masih jadi kendala. Salah satunya di segi transportasi. Berikut masalah-masalah transportasi dalam pariwisata :
1.    Minimnya Penyewaan Transportasi Bagi Wisatawan
Penyewaan transportasi bagi wisatawan merupakan jalan yang baik untuk perkembangan paiwisata. Tetapi jika tidak ada penyewaan transportasi, ini merupakan masalah. Contohnya, jika ada wisatawan yang mengunjungi desa wisata dan dia harus menempuh perjalanan dengan jarak yang jauh maka dia membutuhkan transportasi, jika tidak ada penyewaan trasportasi maka minat wisatawan bisa saja menurun.

2.    Kecelakaan Transportasi
World Health Organization (WHO, thn 2007) melaporkan bahwa kecelakaan transportasi laut, udara, darat khususnya di jalan raya merupakan pembunuh utama. Hal ini merupakan masalah besar yang mengganggu jalannya pariwisata. Contohnya beberapa waktu lalu di Depok,Jawa Barat terjadi kecelakaan transportasi dan yang lebih menyedihkan, kecelakaan tersebut terjadi pada saat kegiatan wisata. Kecelakaan transportasi bisa saja menjadi pemicu menurunnya kunjungan wisatawan.

3.    Masalah Kemacetan Transportasi
Kemacetan bisa saja menjadi pemicu gangguan kesehatan bagi wisatawan, gangguan kesehatan disini mencakup stress karena macet dan gangguan saluran pernapasan. Masalah ini sering terjadi di Indonesia dan membuat wisatawan tidak nyaman.

4.    Kendala Jarak Dan Biaya Transportasi
Jarak menentukan biaya yang dikeluarkan wisatawan untuk menggunakan transportasi. Contohnya seorang wisatawan ingin berkunjung ke tempat wisata yang jauh tetapi biaya transportasi yang dikenakan melebihi biaya transportasi di negara mereka.

5.    Infrastruktur Transportasi Yang Masih Kurang Memadai
Infrastruktur ini mencakup jalan yang rusak sehingga ada kesulitan bagi transportasi pariwisata mencapai tempat tersebut, kurangnya pembangunan bandara dan pelabuhan di daerah terpencil sehingga kegiatan pariwisata bisa tertunda.

C.      SOLUSI UNTUK MASALAH TRANSPORTASI DALAM PARIWISATA
Untuk menanggulangi masalah-masalah transportasi dalam pariwisata maka dibutuhkan penanggulangan yang baik dan benar. Salah satu cara penanggulangannya adalah dengan perbaikan sistem sarana transportasi dalam pariwisata. Perbaikan sistem sarana transportasi ini mencakup pengadaan transportasi pariwisata serta perbaikan infrastruktur transportasi.
Selain solusi untuk perbaikan sistem transportasi pariwisata, pemberian pengetahuan kepada masyarakat selaku pengendara juga sangat penting untuk mengantisipasi dan mengurangi tingkat kecelakaan bus pariwisata.




BAB III
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Perkembangan transportasi cukup pesat dalam dunia pariwisata tapi masalah-masalah yang terjadi dalam tranportsi jadi kendala dalam perkembangan pariwisata,  seperti minimnya penyewaan transportasi bagi wisatawan, kecelakaan transportasi, kemacetan, jarak yang terlalu jauh sehingga menyulitkan bagi wisatawan untuk menjangkaunya, biaya yang terlalu mahal, serta infrastruktur yang belum memadai. Namun, dengan pengelolaan dan pengambilan tindakan yang baik, benar dan cepat, bisa mengatasi masalah-masalah transportasi di kalangan pariwisata sehingga kenyamanan dan keamanan wisatawan tetap terjamin.


MAKALAH
MASALAH TRANSPORTASI DALAM PARIWISATA
Description: E:\Laporan Baso\LAMBANG POLTEK BARU.jpg







OLEH :
MARLIN TONGGE
MARINCE SELAN
MATELDA PADJA GAE
WELHELMINA JENI TEFBANA
WILFRIDUS A. DJAGO
WINDY ULY


MANAJEMEN PARIWISATA
POLITEKNIK NEGERI KUPANG

 
2014
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yesus Kristus karena hanya atas berkat dan bimbingan-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan Makalah ini tepat pada waktunya.
Dalam Makalah dengan topik Masalah Transpotasi dalam Pariwisata  ini kami paparkan mengenai hubungan pariwisata dengan transportasi serta masalah-masalah transportasi dalam pariwisata.
Pentingnya peran transportasi dalam dunia pariwisata oleh karena itu dalam Makalah ini penulis menjelaskan berbagai banyak hal mengenai masalah transportasi dalam pariwisata sehingga dapat memberikan inforasi kepada pembaca dimanapun berada.
Penulis menyadari bahwa Makalah ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, segala kritik dan saran dari pembaca sangat diperlukan untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran bersama.

Kupang,          Juli 2014
Penulis




ii
 

 

DAFTAR ISI
Halaman Judul  ...................................................................................................................   i
Kata Pengantar  ..................................................................................................................   ii
Daftar Isi  ...........................................................................................................................   iii
BAB I PENDAHULUAN  ................................................................................................   1
A. Latar Belakang  ....................................................................................................   1
B. Rumusan Masalah  ...............................................................................................   1
BAB II PEMBAHASAN  .................................................................................................   2
A. Pariwisata Dan Transportasi  ................................................................................   2
B. Masalah-Masalah Transportasi Dalam Pariwisata  ...............................................   2
C. Solusi Untuk Masalah Transportasi Dalam Pariwisata  ........................................   3
BAB III PENUTUP  ..........................................................................................................   4
iii
 
A. Kesimpulan  .........................................................................................................   4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar